Tips Memilih Mukena Anak yang Nyaman Dipakai

Ramadhan, bisa menjadi kesempatan Anda untuk mengajari buah hati untuk sholat. Selain untuk membiasakan buah hati, momen Ramadhan akan memicu semangat si kecil, karena suasana yang semarak. Apalagi jika Anda mengajaknya sholat, dan buah hati anda melihat teman sebayanya ada di masjid yang sama. 

Bicara soal sholat, bila buah hati anda perempuan tentu Anda perlu menyiapkan mukena anak yang berkarater atau model yang ke kinian. Tentunya Anda tidak boleh salah pilih. Berikut yang harus anda perhatikan ketika memilih mukena untuk anak.

Tips memilih mukena anak yang nyaman dipakai 

1. Model yang di pilih

Perhatikan model yang cocok untuk dikenakan buah hati anda. Model yang paling cocok untuk buah hati anda yaitu mukena untuk anak model konvensional, yaitu model mukena atasan bawahan. Selain model konvensional, model mukena yang dipilih harus sesuai dengan usia si anak. Mukena untuk anak biasanya memiliki model yang lebih variatif dengan aplikasi tambahan seperti renda, karakter kartun hingga boneka. 

2. Mengajak buah hati

Ketika anda membeli mukena anak, usahakan melibatkan buah hati anda. Biarkan, si buah hati memilih mukena yang dia inginkan. Tentunya anda juga harus berperan, memberikan pertimbangan untuk pilihan si buah hati, tetapi keputusan tetap dia yang memutuskan. Dengan melibatkan seperti ini, akan mempengaruhi si anak dalam pemakaian. Si buah hati akan memakai mukena pilihannya sendiri dengan senang 

3. Ukuran

Ukuran mukena juga harus diperhatikan, mukena yang terlalu besar atau terlalu kecil pasti  tidak nyaman untuk mereka. Jadi jangan sepele kan hal ini.  Jika anda kesulitan untuk mencari ukuran mukena anak yang pas, anda bisa mensiasati nya dengan cara menjahit sementara bagian yang kebesaran. Ketika nantinya anak anda bertambah besar, jahitan bisa dilepas kembali. 

4. Karet pada mukena

Pastikan karet pinggang dan kepala mukena fleksibel dan tidak terlalu menekan dan menimbulkan bekas. Begitupun sebaliknya, jika terlalu kendor akan membuat mereka tidak nyaman, karena bawahan mukena akan sering melorot dan mudah terlepas. Apalagi di usia balita yang cenderung aktif bergerak.

Tidak kalah penting pemilihan bahan mukena anak juga perlu diperhatikan. Pilihlah bahan mukena yang lembut dan adem ketika digunakan. Bahan katun menjadi salah satu pilihan anda. Jika anda tidak memilih bahan yang tidak tepat, buah hati anda akan merasa gerah dan tidak nyaman, sehingga menjadi kesan bagi si kecil pengalaman beribadah yang tidak menyenangkan.

5. Praktis di gunakan

Buah hati anda akan lebih semangat bila membawa mukena sendiri ketika beribadah ke masjid. Apalagi melihat banyak teman sebayanya membawa mukena nya sendiri. Oleh karena itu anda perlu menyiapkan mukena yang praktis dan mudah dibawa. Buah hati anda akan menjadi lebih bersemangat membawa sendiri mukena nya dan lebih rajin beribadah.

Selain mukena yang tidak terlalu tebal dan mudah dilipat, mukena anak yang dilengkapi tas menjadi salah satu alternatif pilihan untuk anda. 

Nah, itu tadi beberapa tips memilih mukena anak yang nyaman dipakai. Anda bisa menerapkan tips- tips diatas. Mukena yang nyaman akan menjadikan suasana ibadah yang nyaman pula bagi buah hati anda. Si buah hati akan semakin terbiasa dalam beribadah. 

Dari kesan yang nyaman tersebut, akan menjadikan si buah semakin taat kepada yang maha kuasa. Semoga tips- tips diatas, bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi masalah. Anda bisa membagi tips- tips diatas untuk teman, sahabat, dan keluarga anda yang mengalami masalah yang sama.