Broken Link Blogger Wordpress

Mengatasi Broken Link

Pernahkah kita saat mengakses sebuah web, lalu muncul error 404? Jika benar, maka dipastikan telah terjadi broken link pada situs yang kita tuju. Bagaimana jika kita yang memiliki situs web tersebut? Tentu jengkel bukan, sebab visitor pasti akan pergi dari web kita. Lalu apa yang harus kita
lakukan? Simak pembahasan singkat dibawah ini.

Pengertian Broken Link

Broken Link adalah istilah yang ditujukan bagi situs web yang salah satu Uniform Resource Locator (URL) mengalami kesalahan. Dalam bahasa Inggris broken berarti rusak/telah rusak. Sedangkan, Link berarti tautan. Istilah broken link sangat akrab dalam dunia internet. Sebab banyak situs yang tidak bisa diakses salah satu URL-nya, karena mengalami kerusakan/kesalahan tautan.

Penyebab Broken Link

Sejauh yang pernah saya alami, ada beberapa faktor yang menyebabkan broken link diantaranya yaitu server down dan link yang menuju ke konten (isi) web/blog kita mengalami kesalahan. Sebagai seorang blogger saya pernah mengalami broken link disebabkan oleh saya menghapus artikel yang sudah terindex google. Jadi, apabila orang lain menemukan artikel saya melalui mesin pencari google saat diakses oleh orang tersebut, tentu tidak akan bisa. Sebab sudah saya hapus, saya sebagai pemilik blog. Dampaknya, kita akan kehilangan visitor (pengunjung) yang semula akan membaca artikel kita tapi justru pergi. Sebab tidak bisa mengaksesnya. Lalu, apakah ada caranya? Tentu ada.

Cara Mengatasi Broken Link

Ada langkah mudah yang sudah saya lakukan untuk mengatasi broken link. Baik itu kalian sebagai pengguna platform blogger dan wordpress. Sebelum menghapus link artikel yang kalian miliki alangkah lebih baik kita menghapus URL yang sudah terindex oleh mesin pencari terlebih dahulu. Simak langkahnya berikut ini :

  1. Akses webmaster (search console) terlebih dahulu https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in&authuser=0
  2. Pilih property web/blog milik kalian yang akan dihapus URL nya;
  3. Pilih Indeks Google > Hapus URL;
  4. Klik sembunyikan sementara, lalu masukkan URL /link artikel postingan yang akan kalian hapus;
  5. Setelah itu tunggu dalam 1 x 24 jam, baru cek kembali apakah statusnya Dihapus. Jika benar, maka artikel yang terindex oleh google benar sudah terhapus. Sehingga kita bisa menghapus postingan melalui dashboard blog sendiri.
Dengan cara seperti diatas kita bisa mengatasi broken link, sehingga kita tidak mengecewakan visitor yang akan mengunjungi blog kita.

Kesimpulan

Cara diatas digunakan untuk artikel yang sudah terindex oleh mesin pencari baik itu Google, Bing dan lain-lain. Untuk waktu menunggu tergantung masing-masing blog. Terkadang kurang dari 24 jam saat kita cek status artikel/postingan sudah dihapus. Semoga bermanfaat.

Catatan :
Bagi pengguna yang sudah menggunakan search console terbaru, maka bisa beralih ke model lama