Cari Lowongan Kerja? Simak 5 Tips Hindari Penipuan
Cari Lowongan Kerja? Simak 5 Tips Hindari Penipuan
Saat ini untuk mencari lowongan kerja sangat mudah. Jika dahulu, kita harus menulis lamaran kerja dan mengirim melalui pos dengan waktu yang lama. Kini, untuk melamar sebuah pekerjaan dengan keahlian yang kita miliki bisa kita lakukan dengan beberapa klik saja. Sebab ada beberapa aplikasi yang bisa kita manfaatkan. Bahkan melalui android/smartphone sekalipun.

Semakin luasnya kesempatan dan kemudahan mencari kerja, tentu ada banyak kekurangan lain. Diantaranya adalah salah satu bentuk penipuan lowongan kerja. Hal ini sangat tidak ingin kita alami. Padahal kita membutuhkan pekerjaan, namun apabila ditipu kita tentu akan mengalami kerugian lainnya.

Seringkali, penipuan terhadap informasi lowongan pekerjaan yang bersifat swasta bahkan mengatasnamakan BUMN, tak jarang juga CPNS online.

Siapa Pelaku?

Kita tidak akan pernah bisa mengetahui pelaku dibalik penipuan pada lowongan kerja. Hingga pihak yang berwajib berhasil mengungkapnya. Kita juga jangan tinggal diam, jika memang terjadi tindak penipuan maka segera dilaporkan.

Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Berikut ciri-ciri penipuan lowongan kerja, meskipun dibalik ciri ini bukan sesuatu yang mutlak terjadi, tetapi kasus yang sering ditemui adalah sebagai berikut:
  1. Formasi lowongan yang tidak disebutkan;
  2. Jika lowongan berasal dari lembaga Pemerintahan Negara, email yang digunakan umumnya tidak menggunakan email umum, seperti yahoo dan lain-lain;
  3. Tentu, lowongan kerja yang baik menampilkan alamat Kantor yang jelas. Jika tidak, bisa jadi lowongan kerja itu palsu;
  4. Kontak informasi lowongan kerja diberikan dengan jelas;
  5. Lowongan kerja yang menipu lainnya, tentu ada permintaan sejumlah uang dalam proses rekrutmen.
Itulah beberapa hal yang bisa menjadi ciri penipuan lowongan pekerjaan. Banyak sekali orang terjebak dengan lowongan kerja tidak jelas. Alih-alih mendapatkan lowongan kerja justru mengalami kerugian sejumlah uang.